Makassar, 17 Juli 2020 – Untuk bertahan dalam kondisi pandemic yang mengorbankan banyak sektor ekonomi, masyarakat Indonesia dituntut untuk menyiapkan inovasi untuk menghadapi stiuasi new normal yang tidak terhindarkan. Menyadari hal tersebut, Kalla Group kembali membuka ruang setiap anak muda dengan ide digital kreatif untuk menantang diri dalam Kalla Saoraja Ideas Competition yang resmi akan launching pada gelaran Kalla Fair 2020, 18 Juli mendatang.

Saoraja Hub dibangun dengan kepercayaan bahwa orang Indonesia memiliki banyak potensi kekayaan intelektual yang harus digali dan ditinjau untuk selanjutnya dapat dioptimalkan secara komersial. Menurut, Damoza Nirwan selaku Vice President of Business Development Kalla Group, Saoraja Hub diharapkan bisa menjadi penggerak potensi ekonomi digital kreatif Indonesia.

“Hal itu bisa dicapai melalui optimalisasi nilai komersial sebuah kekayaan intelektual masyarakat Indonesia demi kemajuan bangsa dalam misi besar mendorong perkembangan komersialisasi kekayaan intelektual (IP) serta mendukung penuh pertumbuhan startups di Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur,”ujarnya.

Setelah sebelumnya sukses pada batch pertama, kali ini Saoraja Hub akan berkolaborasi dengan Kalla Business School dan Innovation Project untuk lebih banyak menemukan potensi inovasi bisnis dan solusi menarik dari masalah sehari-sehari. Kompetisi ini terbuka untuk eksternal Kalla Group yang terdiri dari semua kalangan dari Siswa, Mahasiswa, Startup dan pelaku Industri Kreatif yang memiliki Ide Business dan atau telah menjalankan Business sebagai Startup. Tidak hanya Eksternal, kompetisi ini juga terbuka untuk Internal karyawan Kalla Group.

“Peserta Kalla Soaraja Ideas Competition akan mendapatkan fasilitas mentoring dan mentorship terbaik, akselerasi ide bisnis dan akses terhadap para investor untuk pengembangan dan komersialisasi. Sehingga sangat rugi jika punya ide bisnis atau startup yang tengah berjalan namun tidak mengikuti kompetisi ini,” Lanjut, Damoza.

Proses pendaftaran akan dibuka pada 18 Juli 2020 pada 17.00 WITA hingga September 2020 mendatang. Para calon peserta mengirimkan ide bisnis atau Prototype & Business Plan melalui website di www.saorajahub.com. Para peserta kemudian memasuki fase screening dimana peserta dengan kategori ideas terbaik akan masuk ke fase Inkubasi untuk mematangkan ide bisnis mereka.

Sedangkan peserta dari kategori startup akan melewati screening untuk masuk ke fase akselerasi untuk meningkatkan kapasitas dari startup tersebut melalui kegiatan sharing session dan mentoring. Para Startup tersebut kemudian harus membuktikan hasil dari fase akselerasi tersebut terhadap perkembangan bisnis startup mereka. Setelah fase tersebut, akan dipilih 3 (tiga) best ideas dan 2 (dua) best startup untuk memenangkan hadiah total puluhan juta Rupiah.

Para pemenang kemudian mengikuti proses screening tahap selanjutnya untuk menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan pendanaan (funding), co-working spaces dan sinergi dengan portfolio bisnis Kalla Group kedepan. Seluruh fase tersebut akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.
Rektor Kalla Business School, Syamril S.T.,M.Pd. mengungkapkan bahwa Kalla Business School akan mendukung Kurikulum Inkubasi dan akselerasi, dan publikasi melalui media sosial sepanjang Saoraja Ideas Competition 2020. “Saoraja yg menggandeng Kalla Business School (KBS) sebagai pendukung kegiatan ini adalah bentuk keterlibatan KBS sebagai kampus untuk memperluas pengabdian masyarakat. Utamanya terkait edukasi kewirausahaan di kalangan pelajar dan mahasiswa. Mahasiswa Kalla Business School juga berpeluang untuk berpartisipasi mengajukan ide bisnis inovatifnya,” ujar, Syamril.

Untuk info lebih lanjut seputar Saoraja Hub dan Saoraja Ideas Competition 2020 dapat menghubungi via email ke contact@saoarajhub.com atau ela@saorajahub.com